Balita sangat sering mengidap penyakit, hal ini dikarenakan daya tahan tubuh bayi masih belum sempurna. Banyak sekali bakteri yang dapat menyerang daya tahan tubuh balita dan mengakibatkan berbagai macam penyakit, seperti halnya flu atau pilek. Flu terkadang disertai dengan batuk dan sakit kepala. Badan bersuhu tinggi dan kurangnya nafsu makan juga seringkali terjadi bersamaan dengan flu. Penanganan penyakit pada bayi tidak boleh dilakukan sembarangan.

Sel dan jaringan bayi masih belum secara sempurna bekerja dengan baik. Oleh sebabnya, perlu penanganan dan perhatian yang khusus untuk mengobati pilek pada balita. Berikut ini adalah 5 cara mengatasi pilek pada balita:

1. Menghindari Tempat Yang Bersuhu Rendah
Pada saat balita terkena pilek, hindarkan bayi Anda dari daerah yang ber- AC dan memiliki suhu rendah. Hal ini akan membuat balita merasa nyaman dan flu nya menjadi berkurang dalam jangka pendek.

2. Gunakan pakaian yang hangat
Pada saat bayi mengidap penyakit pilek, Ia akan sangat sensitif pada temperatur dingin dan rendah. Oleh sebabnya, pakaikan balita Anda pakaian – pakaian yang hangat dan tertutup. Disamping untuk melindunginya dari cuaca dan suhu yang rendah, hal ini juga akan menjaganya dari beberapa kontaminan dan virus yang bisa masuk.

3. Sering menepuk bagian punggung
Pilek terkadang menyebabkan orang yang mengidapnya menjadi sulit bernafas atau mengalami sesak nafas. Tidak terkecuali pada bayi Anda. Jika bayi Anda mengidap penyakit flu, sering – seringlah menepuk – nepuk perlahan pada bagian punggung balita. Hal ini akan membantunya bernafas dan mengurangi sesak yang bisa saja menimpanya. Hal ini bisa Anda lakukan dengan membaringkan balita Anda dengan posisi tengkurap sambil menepuk punggungnya secara perlahan.

4. Sering membersihkan kawasan sekitar hidung
Flu bisa terjadi karena keadaan hidung yang tidak sehat. Oleh karena itu, Anda harus sering membersihkan daerah hidung si bayi. Tidak terkecuali pada saat Ia sedang pilek. Bersihkan lendir atau cairan hidung yang bisa jadi mengeras pada hidung bayi Anda. Persiapkan kapas yang lembut dan aman untuk digunakan. Selanjutnya, basahi dengan air hangat (tidak terlalu panas). Lalu usapkan dan bersihkan daerah hidung balita tersebut.

5. Memberinya air hangat
Air hangat bisa membantu seseorang yang mengidap flu, karena dapat meringankan dan melancarkan lendir yang terhambat dalam hidung. Air hangat juga bisa membuat tubuh menjadi rileks dan santai.