Belajar cara mengatasi anak yang susah dimandikan perlu sekali agar badan bebas dari kuman. Kuman yang nempel dibadan anak bisa membuat daya ketahanan tubuhnya turun, resikonya anak mudah terserang penyakit.

Bila anak Anda malas mandi maka kuman-kuman yang ada dibadannya akan berkembang menjadi banyak dan bisa menimbulkan gangguan kesehatan, penting sekali untuk menjaga kebersihan badan agar tubuh selalu bersih terbebas dari kuman.

Lantas, bagaimana cara mengatasi anak malas mandi ini? Berikut cara mengatasi anak susah mandi yang bisa Anda terapkan.

Beberapa cara mengatasi anak susah mandi

Periksa temperatur air dan udara
Tips mengatasi anak malas mandi adalah dengan memperhatikan temperatur air dan udaranya. Kedua faktor tersebut perlu diperhatikan baik-baik karena pengaruhnya sangat besar, kondisi air dan udara yang dingin dapat membuat anak malas untuk mandi.

Bila air yang akan dibuat mandi anak terlalu dingin mandikan dengan air hangat, suhu kamar mandi yang dingin maka mandikan anak diluar agar tubuhnya terasa hangat.

Perlu Anda ingat ya bunda, terlalu panas atau dingin air yang digunakan mandi anak dapat membuat ia tidak nyaman, gunakan air yang tidak terlalu dingin juga panas agar anak nyaman dan tidak malas mandi.

Cobalah menggunakan shower
Tips lainnya untuk mengatasi anak susah mandi adalah menggunakan shower. Memandikan anak dengan menggunakan bisa membuat ia merasa senang daripada dimandikan didalam bak air.

Pasalnya memandikan anak dengan shower dapat membuat anak seperti bermain air hujan, bermain air yang anak lakukan ini membuat ia merasa bahagia, senang dan nyaman dengan begitu rasa malasnya akan teratasi sehingga mau membersihkan badannya yang kotor.

Oleh karena itulah agar anak mau membersihkan badannya tanpa malas gunakan shower setiap kali memandikannya.

Membuat jadwal mandi

Tips mengatasi anak susah mandi selanjutnya yang bisa Anda terapkan yaitu membuatkan jadwal. Kegiatan membuat jadwal mandi bisa membuat anak disiplin dan tahu kapan harus membersihkan badannya.

Bila badan tidak dibersihkan maka kuman yang menempel setelah seharian beraktivitas diluar akan berkembang semakin banyak, akibatnya anak mudah terserang penyakit.

Membuat jadwal jadwal mandi pada anak bisa dilakukan dengan cara, misalnya mandi 2 kali dalam sehari yaitu pagi jam 6 dan sore jam 3. Jadwal mandi yang telah dibuat bisa membuat anak rutin melakukan kebiasaan tersebut.

Demikian sedikit ulasan informasi yang bisa kami bagikan mengenani cara mengatasi anak susah mandi kepada Anda semua. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menjadi inspirasi dan solusi terbaik untuk semua.