Mengatasi mimisan pada anak seringkali membuat orangtua cemas. Masalah mimisan yang sering dialami oleh anak-anak tidak boleh dianggap remeh, sebab jika dibiarkan akan menjadi masalah serius.

Oleh karena itulah masalah mimisan yang terjadi pada anak jangan dianggap remeh dan disepelekan. Berhubungan masalah yang terkait diatas, mengatasi mimisan pada anak itu bagaimana caranya? agar semakin jelas informasi yang Anda dapatkan, mari simak ulasan informasinya yang ada dibawah ini.

Ini Beberapa Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak

Gunakan daun sirih
Mengatasi mimisan pada anak bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami daun sirih. Bahan alami ini dibuat untuk menyumpal hidung anak yang mengeluarkan darah.

Namun, perlu diingat bahwa sebelum dauhn sirih ini digunakan menyumpal hidung cucilah dulu agar kumannya mati. Setelah dauh sirih tersebut sudah dicuci, maka gulunglah sesuai dengan ukuran hidung anak, sumpal hidungnya dengan baun sirih tersebut yang sudah digulung. Waktu menyumpal hidung menggunakan daun sirih ini sekitar 15 sampai 20 menit lamanya.

Gunakan es batu

Selain tindakan diatas, mengatasi mimisan pada anak lainnya yang bisa digunakan dengan mengkompres menggunakan es batu. Mengapa?

karena darah yang terus mengalir dari hidungnya bila dikompres dengan es batu akan berhenti, karena pembuluh darahnya mengecil.

Sehingga yang tadinya darah mengalir dari hidungnya lancar akan berhenti setelah dikompres dengan air es. Cara mengkompres anak yang mimisan adalah meletakkan es batu yang sudah ditaruh dalam plastik diantara hidung dan kening.

Jangan dibaringkan
Mengatasi mimisan pada anak selanjutnya yang bisa bunda lakukan adalah menghindari membaringkannya. Bila anak dibaringkan, maka darah yang akan dikeluarkan lewat hidung akan masuk kembali, hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Selain membaringkan anak, hindari juga menundukkan atau menggangkat kepala, sebaiknya bila anak mengalami mimisan mintalah ia untuk duduk tegak. Dengan posisi duduk tersebut bisa membuat mimisan anak berhenti.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi mimisan pada anak dijadikan rambu-rambu menjaga kesehatan. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menginspirasi dan bermanfaat untuk semua.