Tanda-tanda gangguan penglihatan pada anak yang paling umum, yaitu pandangan telihat menjadi kabur. Mengingat alat indera yang paling besar manfaatnya ini adalah mata, maka kesehatan mata harus dijaga dengan maksimal agar tidak terganggu kesehatannya.

Anak yang mempunyai gangguan penglihatan akan merasa tidak nyaman saat melihat jarak jauh maupun dekat. Oleh karena itu agar hal ini tidak terjadi maka kesehatan mata harus dijaga jangan sampai mengalami gangguan penglihatan.

Terkait dengan masalah diatas, apakah tanda gangguan penglihatan pada anak? Untuk mengetahui tanda-tanda gangguan penglihatan pada anak, mari kita baca lansirannya yang ada dibawah ini.

Beberapa Tanda Gangguan Penglihatan Pada Anak


Menyipitkan mata

Umumnya tanda gangguan penglihatan pada anak yang sering terjadi adalah ketika melihat matanya disipitkan. Kebiasaan tersebut dilakukannya oleh anak agar bisa melihat dengan jelas objek yang menjadi sasarannya.

Kebiasaan yang tidak wajar menyipitkan mata saat melihat ini perlu Anda waspadai bunda, sebab kemungkinan besar penglihatan anak bila sering melakukan kebiasaan tersebut sedang mengalami gangguan.

Menutup sebagian mata
Tanda-tanda gangguan penglihatan pada anak selanjutnya adalah menutup sebagian mata. Tujuan menutup sebagian mata yang dilakukan anak untuk memperjelas penglihatannya.

Hal ini bila sering dilakukan oleh anak jangan dianggap wajar dan remeh. Mengapa? karena kebiasaan yang tidak sehat dan wajar ini termasuk tanda-tanda bahwa anak sedang mengalami gangguan pada penglihatannya.

Hal ini agar tidak semakin parah harus segera dibawa ke dokter supaya mendapat penanganan lebih lanjut dan bisa melihat dengan normal kembali sebelum terlambat.

Mata berair dan merasa sakit kepala saat membaca
Tanda gangguan penglihatan pada anak lainnya yang perlu Anda ketahui, yaitu sering mengeluarkan air mata saat membaca dan sakit kepala.

Kedua kejadian tersebut yang sering dialami oleh anak jangan dianggap remeh, sebab hal ini adalah masalah serius yang terjadi pada penglihatannya.

Pasalnya anak yang mengalami sering sakit kepala dan mengeluarkan air mata bila membaca walaupun hanya sebentar tandanya ia sedang mengalami gangguan pada penglihatannya.

Nah, demikian itu tadi beberapa tanda-tanda gangguan penglihatan pada anak yang perlu Anda waspadai agar tidak semakin parah. Sebenarnya masih banyak tanda-tanda gangguan penglihatan lainnya. Semoga informasi yang kami bagikan mengenai tanda gangguan penglihatan pada anak bisa menginspirasi semua.